Blog Info Kesehatan

Monday

Makanan Jatuh Kelantai Tertular Bakteri, Benarkah?

Makanan Jatuh Kelantai Tertular Bakteri, Benarkah? - Saat makanan secara tidak sengaja jatuh kelantai, sering kali membuat orang jadi dilema. Karena sudah ada anggapan bahwa makanan yang sudah jatuh kelantai sudah tertular bakteri dan tidak baik bagi tubuh, ada juga yang mengatakan kalau belum lima menit masih boleh diambil.

Makanan Jatuh Kelantai Tertular Bakteri, Benarkah?

Mungkin masih ada beberapa jenis makanan yang apabila jatuh masih bisa dibersihkan dengan cara di cuci, contohnya buah - buahan. Namun bagaimana apabila makan yang jatuh kelantai berupa roti? Masih mungkinkah bagi anda untuk mencucinya?

Bakteri jenis Salmonella atau E. Coli disinyalir tumbuh subur dilantai yang menyebar melalui kaki atau sepatu kotor. Nah, lalu benarkah makanan yang sudah jatuh kelantai benar-benar tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi?

Makanan Jatuh Kelantai, Tertular Bakteri?
Menurut seorang profesor ilmu makanan di Clemson University Paul Dawson, PhD, saat makan terjatuh di lantai, makanan tidak akan secepat itu tertular oleh bakteri.

Dalam jurnal Journal of Applied Microbiology tahun 2007, Dawson dan tim peneliti telah menelaah ulang studi tentang makanan yang jatuh selama 5 menit ke lantai.

Peneliti melakukan percobaan dengan menjatuhkan makanan berupa pasta dan irisan roti kelantai yang sudah dibersihkan dan juga yang tercemar bakteri Salmonella. Lalu, mereka membiarkannya beberapa saat sebelum kemudian diambil. Setelah itu kemudian peneliti mencatat seberapa banyak persentase bakteri yang pindah dari lantai ke makanan.

Dan Hasil Menujukan....

Pada saat potongan makanan dijatuhkan ke atas ubin atau lantai kayu yang bersih dan di diamkan selama 5 detik, hasil menunjukkan hanya 1% bakteri yang berpindah dari lantai bersih ke makanan. Sedangkan pada lantai yang tercemar salmonella, menunjukkan perpindahan bakteri ke makanan sebanyak 48%.

Tetapi anda tidak perlu panik menyikapi fakta diatas. Karena bakteri yang terdapat di lantai rumah kemungkinan besar tidak akan membuat anda sakit. Contohnya pada lantai yang dipenuhi bakteri Salmonella, makanan harus benar-benar jatuh tepat diatas Salmonella agar bisa tercemar, dan jika tidak maka Salmonella tidak akan bisa berpindah kemakanan.

Namun ada beberapa jenis kotoran pada lantai yang harus anda segera bersihkan, misalnya ada daging mentah yang jatuh kelantai, atau sepatu kotor yang masuk. Maka, segeralah bersihkan lantai anda, karena kasus tersebut bisa mengundang bakteri berbahaya.

Dawson memberikan kesimpulan bahwa, kemungkinannya sangat kecil bagi makan yang jatuh kelantai membuat anda sakit. Namun guna mengurangi resiko sebaiknya anda membersihkan lantai secara teratur. Terutama lantai dapur, minimal seminggu sekali anda membersihkannya dengan cairan anti bakteri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makanan Jatuh Kelantai Tertular Bakteri, Benarkah?