Blog Info Kesehatan

Sunday

Manfaat Hebat Buah Tomat

Fit Ways - Tomat memang sering digolongkan sebagai buah-buahan, namun pada kenyataannya buah ini lebih sering digunakan sebagai sayuran. Tapi kali ini kita bukan ingin berdebat tentang tomat itu sayur atau buah. Melainkan kita akan membahas tentang khasiat dan manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi tomat.

Manfaat Hebat Buah Tomat
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah tomat ini, buah ini juga cukup enak untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah, baik dibuat jus maupun dimakan langsung. Nah, lalu manfaat apa saja yang bisa kita dapat dari mengkonsumsi tomat ini? Tomat diketahui memiliki kandungan antioksidan yang disebut Lycopene dan jumlah yang tidak sedikit. Zat ini yang membuat tomat berwarna merah. Selain itu tomat juga mengandung senyawa asam alfa lipoic, yang bermanfaat untuk membantu mengontrol kadar gula darah, menigkatkan vasodilatasi dan melindungi retinopati pada pasien diabetes.

Bahkan juga bisa membantu menjaga kesehatan jaringan syaraf otak. Senyawa nutrisi yang juga ditemukan dalam tomat adalah kolin, adalah zat yang membantu proses tidur, fungsi gerak otot, belajar, dan kemampuan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan membran sel, membantu transmisi impul syaraf dan membantu penyerapan lemak.

Melindungi kulit wajah dan Tubuh, hal ini karena tomat merupakan sumber likopen yang baik. Kandungan likopen pada tomat dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari.

Menyehatkan Sistem Pencernaan, mulailah dengan mengkonsumsi tomat jika anda meninginkan pencernaan yang sehat, karena tomat adalah salah satu sumber serat yang dibutuhkan olel tubuh.

Mencengah Kanker, kandungan likopen yang terkandung dalam tomat dapat berfungsi sebagai anti kanker seperti, kanker mulut, prostat, lambung, tenggorokan, ovarium, dan kanker usus besar.

Menguatkan Tulang, kandungan vitamin K pada tomat bisa meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah mengeroposnya tulang atau yang juga dikenal dengan Osteoporosis.

Menyehatkan Mata, dengan kandungan vitamin A yang terkandung di dalam tomat akan membantu menyehatkan mata dan menigkatkan ketajaman mata ketika melihat benda di sekitar.

Mencegah Diabetes, kandungan koronium pada buah tomat dapat menjadi zat penceggah diabetes secara alami, karena dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh anda menjadi lebih stabil.

Menyehatkan Rambut, kandungan vitamin A yang ada pada tomat juga bisa membuat rambut anda indah dan sehat dari ujung hingga ke akarnya.

Baca juga: Manfaat Air Putih

Terimakasi sudah membaca artikel ini semoga bisa manambah pengetahuan dan wawasan anda tetang manfaat sehat dari buah-buahan yang sering kita temui.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Hebat Buah Tomat