Blog Info Kesehatan

Wednesday

#6 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Mata Mata Anda

#6 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Mata Mata Anda - Sebuah kalimat yang dapat menggambarkan betapa pentingnya indera penglihatan bagi kita adalah "Mata adalah jendela dunia". Namun kita juga tidak bisa menghindari seiring bertambahnya usia kesehatan mata kita pun akan ikut mengalami penurunan. Dan sayangnya faktor yang jadi penyebabnya adalah dari kebiasaan sehari-hari kita sendiri.

#6 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Mata Mata Anda

Ternyata ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan sehari hari yang ternyata dapat menurunkan kesehatan mata. Berikut kami berikan informasi tentang 6 kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata.

1.Menggunakan Lensa Kotak Saat Tidur
Jaman sekarang orang - orang lebih memilih menggunakan lensa kontak untuk berbagai alasan mulai dari kesehatan hingga kebutuhan gaya, dan itu tidak ada salahnya. Namun terkadang, orang merasa malas untuk melepaskannya ketikan akan tidur, dan tahukah anda kalau kebiasaan itu tidaklah dianjurkan.

Penyebabnya karena lensa kontak dapat menghalangi oksigen, nutrisi dan pelumas yang diperlukan oleh kornea mata secara alami. Dan inilah yang menjadi penyebab mata tampak merah dan kering ketika anda bangun di pagi hari.

2.Menatap Monitor Komputer
Baik komputer, laptop, maupun smartphone nampaknya sudah sangat menyatu dengan kehidupan modern sekarang ini, dan sangat sulit untuk dihindari. Tetapi sudah tahukah anda, jika bekerja seharian dengan menggunakan komputer dapat membuat mata anda kelelahan.

Untuk menghindari komputer memanglah sesuatu yang tidak mungkin, maka sebagai upaya pencegahan anda bisa mengatasinya dengan cara, menjaga jarak layar dan mata sejauh 15-20 inci. Anda juga disarankan untuk mengalihkan pandangan selama 20 puluh detik setiap 20 menit ke benda yang lebih jauh.

3.Menggosok Mata
Ketika mata terasa gatal maka, biasanya kita akan secara spontan menggosok mata. Tetapi sayangnya, justru kebiasaan ini dapat membuat mata menjadi iritasi. Bukan cuma itu anda juga bisa dengan tidak sengaja menukarkan bakteri yang ada dari tangan anda ke mata anda.

Cara yang paling aman untuk mengatasi mata gatal adalah dengan memercikkan sedikit air bersih pada mata anda, atau bisa juga dengan menggunakan obat tetes mata. Tetapi sebaiknya anda juga menghindari penggunaan obat tetes mata terlalu sering.

4.Tidak Pernah Menggunakan Kaca Mata Hitam
Mata kita membutuhkan perlindungan dari paparan sinar ultraviolet matahari secara langsung. Kaca mata hitam dapat melindungi retina mata anda dari paparan sinar matahari secara langsung. Untuk penggunaan diluar ruangan diatas jam sembilan pagi di sarankan untuk menggunakan kaca mata hitam dengan perlindungan 99% dari sinar ultraviolet.

5.Jarang membersihkan Peralatan Makeup

Seiring berjalannya waktu penggunaan kuas sebagai peralatan make up dapat menjadi sarang bakteri. Hal ini dapat menyebabkan konjungtivis bahkan infeksi pada area wajah dan juga mata. Disarankan bagi anda untuk membersihkan peralatan make up minimal satu bulan sekali.

6.Mengenakan Bulu Mata Palsu
Penggunaan bulu mata palsu memang dapat mengikatkan rasa percaya diri  juga membuat penampilan anda menjadi lebih menarik. Namun, lem bulu mata palsu dapat mengumpulkan debu - debu dan kotoran yang dapat mengganggu kesehatan mata anda.

Jika memang memungkinkan sebaiknya penggunaan bulu mata palsu dihindari atau minimal dikurangi. Namun, jika memang harus, maka sesegera mungkin bersihkan sesudah menggunakannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : #6 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Mata Mata Anda